Tahapan belajar pemprograman website - Muaddin My ID

Tahapan Belajar Pemprograman Website

Penggunaan internet saat ini sudah menjadi kebutuhan setiap orang, perkembangan dunia teknologi informasi semakin hari semakin canggih. Seperti yang kita digunakan sehari-hari seperti sosial media seperti facebook, Instagram, dan aplikasi pembelian online (e-commerce) lainnya sangat memanjakan kita dalam melalukan berbagai transaksi belanja.

Banyak yang beranggapan bahwa website sama dengan internet, pada hal sebenarnya berbeda. Website atau singkatnya web adalah sekumpulan halaman yang terdiri dari beberapa halaman yang berisi informasi dalam bentuk data digital yang dapat berupa text, gambar, video, audio dan animasi lainnya. Untuk mengakses web, kita membutuhkan koneksi internet, baik melalui kabel atau non kabel seperti menggunakan modem GSM. Aplikasi untuk membuka website atau web adalah browser seperti Mozilla Firefox, Chrome, Opera dan lainnya.

Terus bagaimana cara mempelajarinya, berikut tahapan-tahapan dalam mempelajari pemprograman website, diantaranya:

# HTML

HTML adalah kepanjangan dari (Hypertext Markup Languange) merupakan skrip yang berisi tag-tag untuk membuat dan mengatur struktur website. HTML sampai dengan saat ini adalah HTML5, Beberpara tugas utama HTML dalam membangun website sebagai berikut:

  1. Menentukan layout website
  2. Memformat teks dasar, seperti paragraph, bold dll
  3. Membuat list
  4. Membuat Tabel
  5. Menyisipkan gambar, video dan audio
  6. Membuat link
  7. Membuat formulir (form)

# CSS

CSS merupakan singkatan dari Cascading Style Sheets, yaitu skrip yang digunakan untuk mengatur desain website. Walaupun HTML mempunyai kemampuan untuk mengatur tampilan web, namun kemampuannya pun terbatas. CSS lebih berfungsi untuk pengaturan yang lebih lengkap agar struktur atau layout web yang dibuat dengan HTML terlihat lebih rapid an indah

# PHP

PHP merupakan singkatan dari Hypertext Processor dan merupakan server-side programming, yakni Bahasa pemprograman yang diproses di sisi server. Fungsi utama PHP dalam membangun website adalah untuk pengolahan data pada database. Data yang terkoneksi ke database dapat dengan mudah untuk dibuat, edit, hapus dan ditampilkan ke website oleh PHP.

# Javascript

Berbeda dengan PHP yang diproses disisi server, javascript diproses pada computer client. Karena diproses di sisi client, javascript lebih interaktif disbanding PHP. Peran javascript dalam pembuatan website adalah untuk memberikan efek animasi yang menarik, dan interaktifitas dalam pengananan event yang dilakukan oleh pengguna website.

Bagi anda yang berminat untuk mempelajari pemprograman website, terdapat situs online namanya w3school.com yang memuat dokumentasi tentang program-program atau framework yang digunakan dalam pemprograman website. Namun untuk belajar itu semua membutuh koneksi internet pastinya. Tetap apabila kuota internet kita terbatas dibawah ini, anda dapat mendownload dokumen w3school versi offline tahun 2019. Tinggal download dan ekstrak, kemudian klik index dan akan terbuka dibrowser yang anda gunakan. Selamat belajar.. !!!!

Unduh gratis dokumen w3school versi offline tahun 2019

Download

Leave a reply

WhatsApp WhatsApp us