Rembug Tani Desa Tirtalaga - Muaddin My ID

Rembug Tani Tingkat Desa Tirtalaga Dalam Rangka Persiapan Tanam Jagung Dalam Mendukung UPSUS

Rembug tani merupakan salah satu metode pemberdayaan petani melalui pertemuan yang dilakukan secara rutin oleh poktan/gapoktan dalam menjalankan usahataninya yang difasilitasi oleh penyuluh yang berada di wilayah kerja atau desa setempat.

Tujuan dari kegiatan rembug tani ini antara lain adalah untuk merencanakan kegiatan usahatani dan menyusun jadwal pelaksanaan pengolahan lahan, penanaman, pemeliharaan dan panen sesuai dengan rekomendasi teknologi agar dapat mencapai sasaran peningkatan produksi dan juga untuk mengidentifikasi masalah dan pemecahannya serta mengevaluasi hasil usahatani.

Kegiatan rembug tani tingkat desa Tirtalaga dilaksanakan pada tanggal 22 April 2019 di rumah sekretaris poktan Sri Rejeki. Adapun peserta dari kegiatan tersebut adalah pengurus kelompok tani Suka Tani, Harapan Jaya, Sido Maju, Suka Jadi, Sri Rejeki, dan Bogasari.

Muaddin selaku penyuluh pertanian setempat, memandu proses kegiatan rembug tani agar dapat berjalan dengan baik dan terarah. Dari kegiatan rembug yang dilaksanakan tersebut dihasilkan beberapa kesepakatan adalah sebagai berikut:

  1. Persiapan pengolahan tanah dalam percepatan penanaman jagung akan difasilitasi dengan menggunakan alsintan yang ada di gapoktan dan masing-masing poktan.
  2. Untuk memenuhi kebutuhan benih jagung di tingkat petani, agar penyuluh dapat menyampaikan usulan benih jagung ke pihak dinas pertanian Kabupaten Mesuji.
  3. Penanaman jagung disepakati mulai tanggal 2 Mei 2019.
  4. Lokasi percontohan/ demplot yang dilaksanakan oleh penyuluh di tempatkan dilahan Milik Bapak Gino dari kelompok tani Sido Maju.

Selain dari beberapa kesepakatan tersebut diatas, terdapat juga berbagai masalah atau kendala yang dihadapi oleh petani dalam melakukan budidaya jagung, diantaranya; belum tersedianya benih unggul jagung yang adaptif untuk lahan rawa pasang surut secara memadai, pemupukan belum dilakukan secara berimbang dan sistem pengelolaan drainase lahan belum optimal.

Dengan kegiatan rembug tersebut, diharapkan budidaya jagung ditingkat petani dapat terlaksana sesuai dengan jadwal yang disepakati dan permasalahan-permasalahan yang ada ditingkat petani dapat cepat terselaikan.

Leave a reply

WhatsApp WhatsApp us