padi lahan rawa - Muaddin My ID

Budidaya Padi Di Lahan Rawa

Lahan rawa adalah lahan yang tergenang secara periodik atau terus menerus secara alami dalam waktu lama karena drainase atau saluran alami terhambat. Meskipun dalam keadaan tergenang, lahan rawa tetap ditumbuhi oleh tumbuhan. Perbedaan Lahan rawa dengan danau adalah, danau tergenang sepanjang tahun dan genangannya lebih dalam, tidak ditumbuhi oleh tanaman kecuali tumbuhan air. Sedangkan lahan rawa dapat diusahakan untuk budidaya pertanian dengan penerapan teknologi tepat guna, seperti pengaturan air dengan perbaikan drainase.

Lahan rawa gambut merupakan salah satu sumberdaya alam yang mempunyai potensi cukup baik untuk pengembangan budidaya pertanian.  Pengelolaannya harus dilakukan secara bijak agar kelestarian sumber daya alam dapat dipertahankan. Dengan mengetahui tipe lahan rawa gambut dapat dibuat perencanaan yang baik dalam pengelolaannya secara bijaksana.

Genangan   lahan   rawa   dapat   disebabkan   oleh pasangnya air laut, genangan air hujan, dan luapan air sungai. Berdasarkan penyebab genangannya, lahan rawa di bagi tiga yaitu rawa pasang surut, rawa lebak, dan rawa lebak peralihan.

Selengkapnya dapat diunduh dibawah ini:

Download

Leave a reply

WhatsApp WhatsApp us